Peran Sekolah dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat

PERAN SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT
By. Aswasulasikin



Perubahan paradigma sentralistik ke desentralistik membutuhkan upaya-upaya strategis yang harus dilakukan oleh semua pihak, termasuk meningkatkan partisipasi masyarakat, karena saat ini partisipasi sebagai aset yang sangat penting bagi pemberdayaan masyarakat masih dalam jargon untuk legitimasi publik atau bisa dikatakan partisipasi masih bersIfat semu (pseudo_participation) sebagai akibatnya hambatan-hambatan atas sejumlah kebijaka atau program pendidikan yang didesain belum bisa berjalan secara optimal. Artinya kebijakan desentralisasi pendidikan bertujuan untuk pemerataan dan dan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu pendidikan akan gagal jika tidak didukung oleh partisipasi aktif dari masyarakat.
Partisipasi merupakan salah satu aspek penting dalam perubahan manajemen pendidikan. Karena partisipasi diperlukan bagi pembangunan bangsa. Meskipun tidak mudah untuk membangun partisipasi, tetapi gerakan partisipasi merupakan wujud dari keinginan untuk mengembangkan demokrasi melalui proses desentralisasi. Partisipasi sesungguhnya diperlukan untuk pembentukan good govermance.
Kegagalan dalam penerapan partisipasi masyarakat berarti kegagalan dalam menerapkan program pemerintah. Rekonstruksi pendidikan diperlukan bagi keberhasilan penerapan kebijakan pendidikan yang desentralistik, karena sampai saat ini desentralisasi pendidikan belum memberikan sumbangan yang signifikan bagi perbaikan mutu pendidikan.
Sampai saat ini belum ada upaya yang strategis yang pernah dilakukan oleh pihak sekolah, pemerintah, stakeholdres untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar di pedesaan. Pihak sekolah hanya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam hal-hal yang bersifat bantuan fisik saja, sedangkan untuk melibatkan masyarakat dalam menjaga sarana dan prasarana, meningkatkan partisipasi dalam bentuk perhatian terhadap anak di rumah dan partisipasi masyarakat dalam keuangan masih belum optimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Moral di SD

PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA LOKAL